Silabus

SILABUS

Sekolah                     :  SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto
K e l a s                      :  I (Satu)
Mata Pelajaran        :  Al Quran metode Tartili Jilid 3
Semester                   :  2 (Dua)

Standar Kompetensi  :  Menguasai bacaan mad thobi’i

Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber belajar
Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
-   Melafadzkan huruf bertanda fathah diikuti alif dengan baik dan benar Fathah diikuti alif
  • Melafadzkan konsep fathah diikuti alif
  • Melafadzkan klasikal halaman konsep fathah diikuti alif
  • Melafadzkan individual halaman konsep fathah diikuti alif
  • Melafadzkan halaman tadribat
1.     Mampu melafadzkan huruf bertanda fathah diikuti alif dibaca panjang dua harokat2.     Mampu membedakan bacaan pendek dan bacaan panjang (mad)3.     Mampu melafadzkan halaman konsep dan tadribat dengan baik dan benar Baca simak Individual Halaman konsep dan tadribat Buku Tartili jilid 3 8 x 70 menit 1. Buku Tartili      jilid 32. Alat peraga Tartili jilid 33. Gerak tubuh (isyarat)
-   Melafadzkan lam alif dengan baik dan benar Lam alif bertanda fathah dan lam alif bertanda fathah tanwin
  • Melafadzkan konsep lam alif
  • Melafadzkan klasikal halaman konsep lam alif
  • Melafadzkan individual halaman konsep lam alif
1. Mampu melafadzkan lam alif bertanda fathah panjang dua harokat2.   Mampu melafadzkan lam alif bertanda fathah tanwin dibaca pendek3.   Memahami lam alif terdiri dari dua huruf yaitu lam dan alif

4.   Mampu melafadzkan berbagai bentuk lam alif

5.   Mampu melafadzkan halaman konsep dan tadribat dengan baik dan benar

Baca simak Individual Halaman konsep dan tadribat Buku Tartili jilid 3 4 x 70 menit 1. Buku Tartili jilid 32. Alat peraga Tartili jilid 3
-   Melafadzkan huruf bertanda kasroh diikuti ya sukun dengan baik dan benar Kasroh diikuti ya sukun
  • Melafadzkan konsep kasroh diikuti ya sukun
  • Melafadzkan klasikal halaman konsep kasroh diikuti ya sukun
  • Melafadzkan individual halaman konsep kasroh diikuti ya sukun
  • Melafadzkan halaman tadribat
1. Mampu melafadzkan huruf bertanda kasroh diikuti ya sukun dibaca  panjang dua harokat2.   Mampu membedakan bacaan pendek dan bacaan panjang (mad)3.   Mampu melafadzkan halaman konsep dan tadribat dengan baik dan benar Baca simak Individual Halaman konsep dan tadribat Buku Tartili jilid 3 8 x 70 menit 1. Buku Tartili jilid 32. Alat peraga Tartili jilid 33. Gerak tubuh (isyarat)
-   Melafadzkan huruf bertanda dhummah diikuti wawu sukun dengan baik dan benar Dhummah  diikuti wawu sukun
  • Melafadzkan konsep dhummah diikuti wawu sukun
  • Melafadzkan klasikal halaman konsep dhummah diikuti wawu sukun
  • Melafadzkan individual halaman konsep dhummah diikuti wawu sukun
  • Melafadzkan halaman tadribat
1. Mampu melafadzkan huruf bertanda dhummah diikuti wawu sukun dibaca  panjang dua harokat2.   Mampu membedakan bacaan pendek dan bacaan panjang (mad)3.   Mampu melafadzkan halaman konsep dan tadribat dengan baik dan benar Baca simak Individual Halaman konsep dan tadribat Buku Tartili jilid 3 8 x 70 menit 1. Buku Tartili jilid 32. Alat peraga Tartili jilid 33. Gerak tubuh (isyarat)
-   Melafadzkan huruf bertanda fathah berdiri, kasroh berdiri dan dhummah terbalik dengan baik dan benar Fathah berdiri, kasroh berdiri, dan dhummah terbalik
  • Melafadzkan konsep fathah berdiri, kasroh berdiri, dan dhummah terbalik
  • Melafadzkan klasikal halaman konsep fathah berdiri, kasroh berdiri, dan dhummah terbalik
  • Melafadzkan individual halaman konsep fathah berdiri, kasroh berdiri, dan dhummah terbalik
  • Melafadzkan halaman tadribat
1. Mampu melafadzkan fathah berdiri, kasroh berdiri, dan dhummah terbalik dibaca panjang dua harokat2. Mampu membedakan antara tanda fathah dan fathah berdiri, kasroh dan kasroh berdiri, dhummah dan dhummah terbalik3.   Mampu melafadzkan halaman konsep dan tadribat dengan baik dan benar Baca simak Individual Halaman konsep dan tadribat Buku Tartili jilid 3 8  x 70 menit 1. Buku Tartili jilid 32. Alat peraga Tartili jilid 33. Gerak tubuh (isyarat)
-   Melafadzkan huruf ya dan wawu tidak bertanda, alif setelah wawu sukun dengan baik dan benar Huruf ya dan wawu tidak bertanda, alif setelah wawu sukun
  • Melafadzkan konsep ya dan wawu tidak bertanda, alif setelah wawu sukun
  • Melafadzkan klasikal halaman konsep ya dan wawu tidak bertanda, alif setelah wawu sukun
  • Melafadzkan individual halaman konsep ya dan wawu tidak bertanda, alif setelah wawu sukun
  • Melafadzkan halaman tadribat
1. Mampu melafadzkan huruf ya dan wawu tidak bertanda, alif setelah wawu sukun dengan tidak dibaca2. Mampu membedakan bunyi huruf ya bertanda dan tidak bertanda, wawu bertanda dan wawu tidak bertanda, alif setelah wawu sukun dan alif setelah fathah3.   Mampu melafadzkan halaman konsep dan tadribat dengan baik dan benar Baca simak Individual Halaman konsep dan tadribat Buku Tartili jilid 3 6 x 70 menit 1. Buku Tartili jilid 32. Alat peraga Tartili jilid 3

Standar Kompetensi  : Menguasai bacaan mad lyin

Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber belajar
Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
-  Melafadzkan huruf bertanda fathah diikuti wawu sukun dengan baik dan benar Fathah diikuti wawu sukun
  • · Melafadzkan konsep fathah diikuti wawu sukun
  • · Melafadzkan klasikal halaman konsep fathah diikuti wawu sukun
  • · Melafadzkan individual halaman konsep fathah diikuti wawu sukun
  • · Melafadzkan halaman tadribat
  • · Mampu melafadzkan huruf bertanda fathah diikuti wawu sukun berbunyi au bukan ao
  • · Mampu membedakan bunyi huruf bertanda dhummah diikuti wawu sukun dan huruf bertanda fathah dikuti wawu sukun
  • · Melafadzkan halaman tadribat dengan baik dan benar
Baca simak Individual Halaman konsep dan tadribat Buku Tartili jilid 3 4 x 70 menit 1. Buku Tartili jilid 32. Alat peraga Tartili jilid 33. Al Quran
-  Melafadzkan huruf bertanda fathah diikuti ya sukun dengan baik dan benar Fathah diikuti ya sukun
  • · Melafadzkan konsep fathah diikuti ya sukun
  • · Melafadzkan klasikal halaman konsep fathah diikuti ya sukun
  • · Melafadzkan individual halaman konsep fathah diikuti ya sukun
  • · Melafadzkan halaman tadribat
  • · Mampu melafadzkan huruf bertanda fathah diikuti ya sukun berbunyi ai bukan ae
  • · Mampu membedakan bunyi huruf bertanda fathah diikuti alif dan huruf bertanda fathah dikuti ya sukun
  • · Melafadzkan halaman tadribat dengan baik dan benar
Baca simak Individual Halaman konsep dan tadribat Buku Tartili jilid 3 4 x 70 menit 1. Buku Tartili jilid 32. Alat peraga Tartili jilid 33. Al Quran

Standar Kompetensi  :  Menguasai bacaan ﺍﻝ

Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber belajar
Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
-  Melafadzkan hamzah pada  ﺍﻝ di awal kata dengan baik dan benar Hamzah pada ﺍﻝ di awal kata
  • · Melafadzkan konsep hamzah pada ﺍﻝ di awal kata
  • · Melafadzkan klasikal halaman konsep hamzah pada ﺍﻝ di awal kata
  • · Melafadzkan individual halaman konsep hamzah pada ﺍﻝ di awal kata
  • · Melafadzkan halaman tadribat
  • · Mampu melafadzkan hamzah pada ﺍﻝ di awal kata dibaca fathah (berbunyi al)
  • · Mampu melafadzkan halaman konsep hamzah pada ﺍﻝ di awal kata dengan baik dan benar
  • · Mampu melafadzkan halaman tadribat dengan baik dan benar
Baca simak Individual Halaman konsep dan tadribat Buku Tartili jilid 3 2  x 70 menit 1. Buku Tartili jilid 32. Alat peraga Tartili jilid 3
-   Melafadzkan hamzah pada ﺍﻝ didahului kata lain dengan baik dan benar Hamzah pada ﺍﻝ didahului kata lain
  • · Melafadzkan konsep hamzah pada ﺍﻝ didahului kata lain
  • · Melafadzkan klasikal halaman konsep hamzah pada ﺍﻝ didahului kata lain
  • · Melafadzkan individual halaman konsep hamzah pada ﺍﻝ didahului kata lain
  • · Melafadzkan halaman tadribat
  • · Mampu melafadzkan hamzah pada ﺍﻝ didahului kata lain dengan hamzah tidak dibaca
  • · Mampu melafadzkan halaman konsep hamzah pada ﺍﻝ didahului kata lain dengan baik dan benar
  • · Mampu melafadzkan halaman tadribat dengan baik dan benar
Baca simak Individual Halaman konsep dan tadribat Buku Tartili jilid 3 8  x 70 menit 1. Buku Tartili jilid 32. Alat peraga Tartili jilid 33. Kartu kata

4. Al Quran

-  Melafadzkan mad alif, mad ya, dan mad wawu jika bertemu dengan ﺍﻝ dengan baik dan benar Mad alif, mad ya, dan mad wawu bertemu dengan ﺍﻝ
  • · Melafadzkan konsep mad alif, mad ya, dan mad wawu jika bertemu dengan ﺍﻝ
  • · Melafadzkan klasikal halaman konsep mad alif, mad ya, dan mad wawu jika bertemu dengan ﺍﻝ
  • · Melafadzkan individual halaman konsep mad alif, mad ya, dan mad wawu jika bertemu dengan ﺍﻝ
  • · Melafadzkan halaman tadribat
  • · Mampu melafadzkan bacaan mad alif, mad ya dan mad wawu bertemu dengan ﺍﻝ ditulis tidak bertanda dan dibaca pendek
  • · Mampu melafadzkan bacaan mad alif, mad ya dan mad wawu bertemu dengan ﺍﻝ dengan baik dan benar
  • · Mampu melafadzkan halaman tadribat dengan baik dan benar
Baca simak Individual Halaman konsep dan tadribat Buku Tartili jilid 3 8  x 70 menit 1. Buku Tartili jilid 32. Alat peraga Tartili jilid 33. Kartu kata

4. Al Quran

Mengetahui,

Kepala SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto

Agus Tardian, S.Pd.I

Purwokerto, Januari 2011

Guru Mata Pelajaran

Rahmat Safari, S.P.

 

Selanjutnya…

  1. TASLIMAN
    Februari 3, 2012 pukul 6:47 am

    UST mhon ijin perangkat pembelajaran ane copy,,, syukron

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: