Beranda > Gagasan > Dinamisasi Sekolah melalui Blog Networking

Dinamisasi Sekolah melalui Blog Networking

Background

Perkembangan teknologi informasi mengalami percepatan yang luar biasa. Seiring dengan laju globalisasi, seolah menghilangkan sekat yang membatasi arus informasi dari berbagai penjuru dunia. Budaya, peristiwa, berita, gaya hidup dan berbagai aspek kehidupan manusia dirangkum dengan visualisasi, audio, dan narasi yang serba instant melalui internet. Inilah produk peradaban yang membawa manusia dalam era information technology super canggih.

Fasilitas internet tidak lagi bersifat elitis atau hanya menjadi kebutuhan tersier belaka. Instrumen teknologi informasi ini telah merambah ke berbagai bidang kehidupan manusia. Mulai dari lembaga formal, informal, bisnis, pendidikan, dan telah merambah ke ruang-ruang keluarga. Internet bisa diakses langsung dari rumah tanpa harus mengunjungi warnet atau kantor-kantor yang menyediakan jaringan internet unlimited. Bahkan akses internet bisa didapatkan dengan mudah di banyak tempat melalui fasilitas hotspot area.

Perkembangan teknologi informasi ini harus disikapi secara arif dengan meninggalkan sifat apriori. Setiap pribadi seyogyanya menempatkan dirinya secara tepat, yakni tidak hanya sebagai konsumen teknologi informasi. Lebih dari itu pemanfaatan teknologi informasi secara selektif menjadi peluang untuk meningkatkan kapasitas dan ruang gerak.       

Urgensi

Dunia pendidikan sebagai dunia ilmiah dan dunia perubahan, dapat memanfaatkan internet sebagai sumber ilmu dan pengetahuan. Pendidik, pelajar, dan orang tua dapat mendulang ilmu dan pengetahuan dari internet yang jauh lebih cepat dan luas dibanding sumber-sumber yang ada di sekolah atau institusi pendidikan lainnya.  Pelaku pendidikan seperti manajemen sekolah dan guru sebagai motor penggerak harus menyesuaikan diri dengan perkembangan ini agar dapat mengikuti kemajuan di masyarakat.

Manajemen sekolah dan guru dapat memanfaatkan internet untuk membangun jaringan (networking) yang luas. Jaringan yang dibangun menjadi penguatan internal tim sekolah melalui peningkatan wawasan yang lebih mengglobal, daya kreasi dan daya nalar, serta transfer ide, informasi, dan kritik membangun interpersonal yang cepat.  Jaringan sekolah ini merupakan sarana untuk mendorong proses pendidikan yang dinamis, berorientasi masa depan, dan professional.

 Fungsi

Software internet yang dapat dimanfaatkan untuk membangun jaringan sekolah adalah blog. Bahkan ada buku yang berjudul Guru Go Blog yang menggambarkan instrument ini telah merambah ke tingkat unit sekolah. Blog dapat difungsikan untuk berbagai kepentingan di antaranya :

  1. Media informasi institusi sekolah dan personal guru
  2. Wadah sharing ide baik konseptual maupun praktis
  3. Ruang diksusi dan problem solving bagi manajemen sekolah dan guru melalui komentar dan tanggapan
  4. Pintu menuju dunia IT melalui taut atau link
  5. Dokumentasi kegiatan berbentuk visualisasi, audio, dan narasi.
  6. dan banyak manfaat lainnya

Jaringan blog dapat memecahkan kendala komunikasi. Melalui blog manajemen sekolah dan guru dapat berkomunikasi tanpa harus bertatap muka dan dibatasi oleh jadwal yang padat. Meskipun komunikasi yang terjalin bersifat tertulis, justru menjadikan masing-masing personal dapat menelusuri alur pikir dan gagasan dengan runut dan sistematis. Berbeda dengan jalinan komunikasi melalui situs pertemanan seperti facebook, twitter, dan chating yang bersifat pendek dan spontan, posting blog lebih menunjukkan hasil eksplorasi, kreatifitas  dan dinamika pemikiran pengelola blog yang bersifat kualitatif.

Networking

Membuat sebuah akun blog saat ini sangatlah mudah. Bisa melalui wordpress, blogger, dan website lain yang menyediakan ruang untuk sign up sebuah blog. Seseorang bisa memiliki lebih dari satu blog dan tanpa kesulitan untuk mengirim tulisan dari blog satu ke blog yang lain dengan fasilitas export dan import. Mengelola blog pada dasarnya tidak membutuhkan teori dan panduan yang rinci. Pengelola yang eksploratif dan kreatif akan menemukan sendiri jalan untuk menciptakan blog yang menarik dan berisi.

Kemudahan ini menjadikan semua kalangan dapat memanfaatkan blog, mempublikasikannya dan menciptakan jaringan yang luas. Warga sekolah seperti menajemen, guru, administrator, bahkan murid dan wali murid dapat menjadi bagian dari jaringan internal dan secara perlahan dapat masuk dalam jaringan eksternal jika mampu meningkatkan rating blog.

skema network Blog yang dikelola dengan menciptakan jaringan bak rangkuman yang menjadi pintu untuk mengeksplorasi dunia IT. Semua situs yang bermanfaat dan bisa dijadikan sumber pengetahuan dapat ditautkan ke blog sehingga dapat dibuka kembali dengan mudah melalui satu pintu. Bahkan dengan blogroll dan RSS semua informasi yang kita butuhkan datang dengan sendirinya ke blog dan dapat dibaca sewaktu-waktu. 

Dinamisasi

Tantangan bagi seorang guru dalam mengelola blog adalah bagaimana menciptakan blog yang mampu dipublikasikan secara luas. Blog yang menarik dan berisi tanpa disadari oleh pengelola blog akan dibaca oleh banyak pengunjung dan mendapatkan tanggapan. Proses ini akan memotivasi guru dan warga sekolah untuk selalu berkreasi menuangkan ide-ide dan mendokumentasikan aktivitasnya ke dalam blog.

Komunitas guru yang aktif berkreasi dan saling membaca menjadi dinamis. Dinamisasi  ini  memungkinkan adanya diskusi tanpa tatap muka, saling mengeksplorasi gagasan dan menerima masukan demi suksesnya proses pendidikan. Guru menjadi lebih kaya, lebih berwawasan dan lebih percaya diri untuk go public. 

Guru yang berani untuk mempublikasikan diri terdorong untuk menunjukkan kapasitas pikir dan aktivismenya. Dorongan ini dapat memacu dinamisasi guru baik konseptual maupun praktis dan mengangkat sekolah pada rel kemajuan, bergerak menuju masa depan.

Tips

Membuat blogroll dan taut/link sangatlah mudah. Pengelola dapat memasukkan berapapun blog atau situs  yang diinginkan.

Untuk blogger : Dashboard – tata letak – tambah gadget – daftar blog/daftar link/feed.

Untuk wordpress : 

Langkah 1 : Copy-lah source code di bawah ini ke text-widget di dashboard WordPress Anda.

<div style="overflow:scroll;width:150px;height:180px;">
<ul>
<li><a href="http://alamat blog/" target="_blank">nama blog</a></li>
</ul>
<div>

Langkah 2 : Setelah Anda copy source code diatas, silahkan edit nama dan alamat situs referensi anda. Lalu kiklah simpan pada Dashboard WordPress Anda. Anda sudah selesai membuat menu scroll sidebar Anda. Contoh :

<div style="overflow:scroll;width:150px;height:180px;">
<ul>
<li><a href="http://Argosus.wordpress.com/" target="_blank">Argo Suseno</a></li>
<li><a href="http://amsalimuddin.blogspot.com/" target="_blank">Salimuddin</a></li>
</ul>
<div>

  
  Untuk memasukkan taut/link : drag widget taut ke side bar. Kemudian add New di Taut pada dashboard sebelah kiri. 

Bagaimana menurut anda ?

  1. Agustus 14, 2009 pukul 3:28 am

    Saya adalah seorang mahasiswa saat ini, saya termasuk baru dalam mendalami dunia pendidikan jd banyak hal yang belum aku mengerti, jadi klo tidak keberata saya minta info2 tentang pendidikan. dan bimbingannya agar dunia pendidikan di negara ini menjadi maju…

    • Rahmat Safari
      Agustus 14, 2009 pukul 5:58 am

      Kita sama-sama belajar dan memberi masukan, dengan ide-ide kita semoga pendidikan di Indonesia semakin maju

  2. Agustus 15, 2009 pukul 11:42 pm

    wah oke euy situs-nya… saya Agus Suhanto, senang berkenalan dgn Anda melalui situs ini🙂

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s