Beranda > Metode pembelajaran > Asyiknya menghafal Al Quran

Asyiknya menghafal Al Quran

Menghafal Al Quran bisa dikatakan mudah, bisa juga dikatakan sulit. Mengapa bisa dikatakan mudah? alasannya :
1) anak-anak bisa menghafal Quran 30 juz. Jika seorang anak di bawah 10 tahun misalnya, sudah hafal Quran, maka ada dua kemungkinan. Pertama, anak itu telah mampu membaca Quran dengan baik dan benar kemudian menghafalkan sendiri. Kedua, anak itu menghafal dengan cara talaqqi atau mendengarkan dari orang lain kemudian menghafal. Kedua-duanya sama hebatnya. Luar biasa! Tetapi dibalik semua itu yang lebih hebat lagi. Jika anak itu dibimbing oleh orangtuanya, maka orangtuanya adalah orang tua yang hebat. Jika anak itu dibimbing oleh seorang guru maka guru itu adalah guru yang hebat. Jika anak itu terdorong oleh lingkungannya, maka lingkungan itu adalah lingkungan yang dahsyat.
Orangtua, guru, dan lingkungan yang mampu membimbing seorang anak menghafal Quran adalah hebat terutama di masa-masa sekarang. Pada masa dimana pikiran manusia tentang masa depan lebih mengarah kepada materi, kesuksesan duniawi, kekayaan, dan kemapanan. Masalah spiritualitas, akhirat, menjadi tujuan nomor dua, menyusul setelah tercapai kemapanan dunia. Meskipun akhirnya tujuan kedua itu menjadi terlupakan karena pencarian dunia tidak mengenal kata cukup.  
 2) banyak orang yang sudah berhasil menghafal Quran. 3) tidak memerlukan biaya dan peralatan, cukup menyediakan mushaf terjemah, dan mungkin kaset atau VCD dan playernya untuk menyimak. 4) manusia memiliki perangkat otak karunia Alloh SWT yang dahsyat.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s