Beranda > Gagasan > PROGRAM PEMBINAAN AL QURAN INTENSIF

PROGRAM PEMBINAAN AL QURAN INTENSIF

A. PENDAHULUAN
Program Pembinaan Al Quran Intensif adalah serangkaian kegiatan pembelajaran yang terarah, sistematis, dan berjenjang untuk membantu murid mencapai kemampuan membaca dan menghafal Al Quran yang berkualitas.
Kegiatan pembelajaran yang terarah berarti kegiatan pembelajaran Al Quran yang memiliki tujuan dan terget yang jelas sesuai dengan kemampuan murid. Sistematis berarti memiliki alur pembelajaran yang terstruktur dan terorganisir dengan administrasi yang rapi. Berjenjang berarti murid mengikuti pembelajaran yang bertahap agar mengalami peningkatan kemampuan dan kualitas.

B. TUJUAN
1. Murid mampu membaca Al Quran dengan baik dan benar
2. Murid menguasai ilmu tajwid
3. Murid terbiasa membaca Al Quran dan memiliki rutinitas tadarus baik di  rumah maupun di sekolah
4. Murid mampu menghafal Al Quran dengan mudah melalui proses tahsin.

C. PESERTA
1. Murid kelas III semester 1 Tahun Pelajaran 2010/2011 yang telah lulus Tartili jilid 6.
2. Murid kelas II semester 2 Tahun Pelajaran 2010/2011 yang telah lulus Tartili jilid 6
3. Murid kelas I Tahun Pelajaran 2010/2011 sebagai calon peserta

D. BENTUK KEGIATAN
1. Khotmil Quran
a. Kelompok Tahsin Tadarus Reguler untuk murid dengan kemampuan membaca Al Quran dengan kriteria B.
b. Kelompok Tadarrus Mandiri untuk murid dengan kemampuan membaca Al Quran dengan kriteria A.
Kriteria A : Murid mampu membetulkan bacaan sendiri setelah ditegur
Kriteria B : Murid mampu membetulkan bacaan sendiri setelah diingatkan
konsep
2. Tahfidul Quran juz 30-29
a. Kelompok tahfidz juz 30
b. Kelompok tahfidz juz 29 + muroja’ah juz 30

E.      ALUR PROGRAM/SISTEMATIKA
1.   Kelompok Khotmil Quran
Kelas III Tahun Pelajaran 2010/2011

Gambar 1

Kelas II Tahun Pelajaran 2010/2011

Gambar 2

2.      Kelompok Tahfidz Juz 30 – 29

Kelas IV Tahun Pelajaran 2011/2012

Gambar 3

F.      STRATEGI
a.   Tartili
1.   Pemahaman konsep Tartili dan percepatan waktu tempuh
2.   Dinamisasi kelompok Tartili (kemampuan homogen)
3.   Kelompok kecil atau sedang
4.   Jilid 6 mulai dikenalkan dengan mushaf Al Quran
b.   Khotmil Quran
1.   Penyeragaman mushaf Al Quran
2.   Alat peraga konsep tajwid
3.   Menyeimbangkan antara membaca klasikal dan individual
4.   Worksheet
5.   Lembar tajwid
6.   Lembar muhasabah (pantauan orang tua)
7.   Pagi ceria
c.   Tahfidzul Quran
1.   Tahsin surat yang dihafal
2.   Hafalan mandiri
3.   Muroja’ah dan menyimak
4.   Pagi ceria
G.     PROGRAM MATERI
1.   Khotmil Quran Kelas III
Al Quran Mushaf Baghdadi
–  30 Juz x   8 lembar = 240 lembar
–  30 Juz x 16 halaman            = 480 halaman
a. Tahap Reguler
1)  Ilmu tajwid dan tahsin tadarrus
4 pekan (20 TM) x 2 hal                               :   40 halaman
2)  Ghorib dan tahsin tadarrus
2 pekan (10 TM) x 2 hal                               :   20 halaman
b.  Tahap Mandiri
1)  Makhorijul huruf dan tahsin tadarrus regular
28 pekan (140 TM) x 2 hal                           : 280 halaman
2)  Tadarrus mandiri (rumah)
28 pekan (140 HE) x 2 hal                            : 140 halaman:

480 halaman

gambar 4

Gambar 5

2.         Khotmil Quran kelas II

Gambar 6

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.