Beranda > Gagasan > WISUDA TARTILI 2010

WISUDA TARTILI 2010

Alhamdulillah, berkat pertolongan dari Alloh SWT, Wisuda Tartili Angkatan II Tahun 2010 SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto dapat terlaksana. Kegiatan wisuda terlaksana pada hari Kamis, 17 Juni 2010 di Aula gedung utara SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto. Momentum sakral ini diikuti oleh 183 wisudawan terdiri dari murid kelas 2, 3, dan 4.
Jauh-jauh hari pelaksanaan wisuda telah dipersiapkan agar berjalan dengan lancar dan sukses. Beberapa program digulirkan diantarannya program pembinaan wisudawan melalui pembelajaran tahsin, tadarrus, tajwid baik klasikal maupun individual. Kelompok halaqoh Al Quran diperkecil yakni satu kelompok masksimal terdiri dari 10 orang murid.
Metode pembinaan kelompok Al Quran bervariasi mulai dari tadarrus klasikal, tahsin Al Quran, pendalaman tajwid. Media pembelajaran pun disusun diantaranya berupa worksheet, lembar tajwid, lembar definisi konsep, lembar muhasabah, dan penyamaan mushaf Al Quran.

Suasana latihan wisuda Tartili

Setiap hari Sabtu dilaksanakan latihan wisuda dan pada minggu-minggu menjelang hari H, latihan wisuda ditambah frekuensinya. Latihan wisuda sangat penting untuk mempersiapkan wisudawan dalam menempuh seluruh acara wisuda yang cukup melelahkan. Wisudawan tampak antusias untuk mengikuti latihan, meskipun peluh membasahi, tetapi tidak menurunkan semangat untuk mengikuti latihan hingga akhir. Banyak suka dan duka yang dirasakan oleh ustadz dan ustadzah guru Al Quran sebagai panitia maupun oleh murid sebagai wisudawan.

Karya Misbahuddin

Pangung wisuda yang megah

Format acara wisuda sendiri dirancang sedemikian rupa agar bernuansa sakral tetapi tidak meninggalkan nuansa keceriaan anak-anak. Oleh karena itu pada awal dan akhir acara disisipkan nyanyian yang bermakna. Lagu Mars Wisuda diawal, sedangkan lagu Terima KasihUstadz-ustadzahku dinyanyikan di akhir acara. Hal yang paling menarik dan menjadikan acara wisuda cukup berbobot adalah tema wisuda yakni “Membentuk Generasi Cerdas Qurani”. Tema wisuda kali ini terinspirasi dari sejarah menakjubkan masuk Islamnya Umar bin Khotthob. Umar bin Khotthob yang berkarakter keras berubah menjadi seorang sahabat yang berkarakter Qurani setelah mendengar bacaan Surat Thoha. Peristiwa ini menjadi inspirasi bahwa Al Quran mampu menggerakkan jiwa dan raga untuk membentuk karakter yang cerdas Qurani.
Susunan acara wisuda secara umum sebagai berikut :
Pra Acara
1. Persiapan di Masjid
2. Wisudawan berbaris menuju Aula
3. Menyanyikan lagu Mars Wisuda
Acara :
1. Pembukaan
2. Pembacaan ayat suci Al Quran
3. Sambutan-sambutan
4. Penampilan hafalan
5. Penampilan drama “Umar bin Khottob masuk Islam”
6. Muqoddimah Wisuda
     a. Doa
     b. Tadarrus Surat Thoha
    c. Penampilan tajwid dan ghorib
7. Imtihan
8. Pemberian penghargaan
9. Prosesi Wisuda
10. Menyanyikan lagu Terima Kasih Ustadz-ustadzahku
11. Penutup

Kategori:Gagasan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s